Apa Itu Jurusan AKL? Lalu Apa Saja Kelebihan Mengambil Jurusan AKL?

Objek Pembelajaran Akuntansi

Akutansi memang menjadi jurusan favorit saat ini karena memiliki kredibilitas yang tinggi di mata masyarakat. Setiap orang yang masuk di jurusan akutansi dianggap sebagai capaian yang bagus dan bermasa depan cerah. Akutansi memang salah satu ilmu yang mempelajari tentang sistem ekonomi mulai dair pencatatan, pengikhtisaran, pengklasifikasian, dan segala bentuk transaksi yang dibuat secara detail dalam bentuk laporan.

Jadi sudah jelas bahwa objek utama dari akutansi adalah permasalahan ekonomi baik dalam skala mikro maupun makro yang kompleks. Dalam bahasa sederhananya akutansi adalah ilmu tentang keuangan yang dibuat dalam bentuk laporan. Namun tidak semua keuangan berjumlah kecil seperti ketika masuk kedalam perusahaan besar maka jumlah keuangan yang harus dihitung juga bisa lebih besar dan menyeluruh.

Kelebihan Jurusan Akutansi

Berikut ini merupakan kelebihan dari jurusan akutansi yang membuatnya menjadi pilihan utama banyak orang. Kelebihan ini tentunya diambil dari sudut pkamung umum yang bisa jadi berbeda dengan sudut pkamung lainnya.

  • Jurusan yang mudah untuk dilalui

Bisa dibilang bahwa jurusan ini mudah untuk dilalui karena tidak membutuhkan banyak teori yang harus dihafalkan. Paling penting dari jurusan ini adalah rajin berhitung untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan laporan yang dibuat. Meskipun menjadi jurusan yang mudah dilalui namun bukan berati jurusan ini bisa dianggap remeh karena setiap satu angka yang salah saja maka bisa menjaid masalah pelik.

  • Memiliki peluang kerja yang besar

Peluang kerja dari jurusan akutansi juga lebih besar karena banyak perusahaan yang membutuhkan kelebihan lulusan akutansi untuk memberikan laporan keuangan dalam perusahaannya. Bahkan di setiap perusahaan bisa lebih dari satu orang yang ditunjuk sebagai asisten keuangan. Oleh karena itulah perusahana selalu membutuhkan lulusan akutansi sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan juga besar.

  • Bisa masuk kedalam semua jenis pekerjaan yang berhubungan dengan ekonomi

Lulusan akutansi tidak hanya diterima dalam perkantoran atau perusahaan saja akan tetapi masih banyak peluang kerja lainnya yang membutuhkan kemampuan lulusan akutansi. Sebut saja pegawai perpajakan, konsultan, admin, kasir, dan masih banyak lagi pekerjaan yang bisa diisi. Jadi sangat jarang lulusan akutansi yang pengangguran atau tidka memiliki pekerjaan.

  • Gaji yang menjanjikan

Gaji yang dibeirkan untuk lulusan akutansi juga tidak main-main apalagi sudah berbicara mengenai konsultan dan perpajakan maka gaji yang tinggi sudah bisa menjadi jaminan hidup. Di perkantoran atau perusahaan pun kemampuan menghitung dihargai tinggi karena memang memerlukan tingkat detail yang tinggi serta kemampuan analisa yang baik. Inilah yang membuat lulusan akutansi tampak lebih berkualitas dibandingkan lainnya.

  • Mudah mengelola keuangan

Terakhir adalah kemampuan dalam mengelola keuangan sangat baik sehingga lulusan akutansi memiliki stkamur hidup yang tinggi penuh disiplin dan komitmen. Tentunya memiliki pasangan dari lulusan akutansi bisa dikamulkan dalam membaca peluang untuk mendapatkan keuntungan. Dengan pengelolaan uang yang baik maka bisa didapatkan kehirupan yang lebih baik pula.

Banyaknya Prospek Lowongan Pekerjaan

urusan Akuntansi banyak diminati oleh calon mahasiswa. Dibuktikan pada banyaknya peminat Jurusan Akuntansi saat SNMPTN, SBMPTN, serta jalur mandiri, baik di PTN maupun PTS. Hal ini tak lain karena besarnya peluang pekerjaan bagi lulusan Jurusan Akuntansi.

Bidang pekerjaan yang membutuhkan lulusan Jurusan Akuntansi diantaranya auditor, konsultan keuangan, administrator pajak, staff perbankan, dosen, credit analyst, akuntan, ahli keuangan, dan banyak lagi. Tentunya, banyak perusahaan juga membutuhkan tenaga keuangan yang berasa dari lulusan Jurusan Akuntansi.

Siapa yang Cocok Berkutik di Jurusan Akuntansi?

Melihat banyaknya peluang pekerjaan bagi lulusan Jurusan Akuntansi tentu sangat menarik bagi kamu. Namun, mungkin kamu masih bertanya – tanya apakah kamu cocok dan memiliki passion di bidang akuntansi?

Jika kamu termasuk orang yang memiliki ketertarikan pada bidang keuangan dan ingin menyelami bisnis lebih dalam, senang belajar tentang perpajakan dan kebijakan keuangan, maka kamu orang yang cocok untuk belajar di Jurusan Akuntansi.

Namun perlu diingat, mempelajari akuntansi tidak hanya seputar hitung – hitungan saja. Kamu juga perlu memahami tentang ilmu ekonomi serta hukum yang berlaku pada bidang ekonomi, terutama perpajakan.