Kini Saatnya Sekolah Daftar PDSS Supaya Siswanya Bisa Daftar SNMPTN

Jakarta - Registrasi untuk memiliki akun di situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah resmi ditutup pada 9 Januari kemarin. Kini saatnya pihak sekolah melakukan registrasi ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk menuju ke Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2020.

Dilansir situs LTMPT, Kamis (16/1/2020), proses pengisian PDSS dibuka sejak 15 Januari pukul 16.00 WIB hingga 8 Februari pukul 23.59 WIB nanti. Pihak sekolah dapat mengisi registrasi PDSS di situs resmi pdss.snmptn.ac.id.

PDSS merupakan basis data yang dijadikan sumber utama data SNMPTN. Isinya adalah rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa. Siswa yang berhak mengikuti SNMPTN adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di PDSS. Pihak yang mengisi PDSS adalah sekolah, baik SMA/MA maupun SMK/MAK.

"Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diasumsikan selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran yang merupakan prinsip pendidikan karakter. Oleh karena itu, sekolah berkewajiban mengisi PDSS yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa dengan lengkap dan benar," demikian bunyi informasi umum yang dilansir situs SNMPTN.

Seiring dengan proses registrasi PDSS, ada proses pemeringkatan oleh sekolah pada 15 Januari hingga 8 Februari. Pengumuman hasil pemeringkatan dilakukan pada 20 Januari hingga 9 Februari.

Pendaftaran SNMPTN 2020 sendiri dibuka pada 14 hingga 27 Februari, dan pengumumannya pada 4 April. Seleksinya akan digelar pada 28

Share this post

Komentar (0)

Leave a comment